browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

4 Jenis Tipe Pelabuhan Di Indonesia

Posted by on 16 March 2017


BRps9w5BVUP

Selamat Sore guys! Yuk kita nambah wawasan.. Pelabuhan Perikanan dikategorikan menurut kapasitas dan kemampuan masing-masing pelabuhan untuk menangani kapal yang datang dan pergi serta letak dan posisi pelabuhan.

Apa aja sih pelabuhan perikanan itu?
1. Pelabuhan perikanan samudera (pps), dikenal juga sebagai pelabuhan perikanan type a, atau kelas i. Pelabuhan perikanan ini dirancang terutama untuk melayani kapal perikanan berukuran > 60 gt. Pelabuhan ini dapat menampung 100 buah kapal atau 6000 gt sekaligus, dapat pula melayani kapal ikan yang beroperasi di perairan lepas pantai, zee dan perairan internasional. Jumlah ikan yang didaratkan sekitar 40.000 ton / tahun dan juga memberikan pelayanan untuk ekspor. Selain itu tersedia juga tanah untuk industri perikanan.

2. Pelabuhan perikanan nusantara (ppn), dikenal juga sebagai pelabuhan perikanan tipe b atau kelas ii. Pelabuhan ini dirancang terutama untuk melayani kapal perikanan berukuran 15 – 16 ton gt sekaligus. Pelabuhan ini juga melayani kapal ikan yang beroperasi di perairan zee indonesia dan perairan nasional. Jumlah ikan yang didaratkan sekitar 40 – 50 ton / hari atau sekitar 8.000 – 15.000 ton / tahun.

3. Pelabuhan perikanan pantai (ppp) dikenal juga sebagai pelabuhan perikanan type c atau kelas ii.pelabuhan ini dirancang untuk melayani kapal perikanan berukuran 5 – 15 gt. Pelabuhan ini dapat menampung 50 kapal atau 500 gt sekaligus.pelabuhan ini juga melayani kapal ikan yang beroperasi di perairan pantai.jumlah ikan yang didaratkan sekitar 15 – 20 ton / hari atau sekitar 4.000 ton / tahun.

4. Pangkalan Pendaratan Ikan sebagai salah satu unsur prasarana ekonomi di pelabuhan, dibangun dengan tujuan untuk menunjang keberhasilan pembangunan perikanan, terutama perikanan skala kecil kurang dari 4.000 ton/tahun. – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –
#FishermanEdu
#YukNambahIlmu
#PelabuhanPerikanan

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *