browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Bangkai Kapal untuk Wisata Bahari

Posted by on 22 July 2010
Bangkai Kapal untuk Wisata Bahari

AMBON – Dalam rangkaian kegiatan Sail Banda, sejumlah kerangka kapal akan ditenggelamkan di kawasan Teluk Dalam, Ambon. Kerangka kapal tersebut akan dijadikan sebagai rumah ikan dan objek wisata bawah laut.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan menghadiri acara puncak Sail Banda pada 3 Agustus 2010, akan mencanangkan penenggelaman kerangka kapal itu. Lokasinya di sekitar dermaga Satpolair Polda Maluku di perairan Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala.”Kerangka kapal itu nantinya diharapkan menjadi rumah ikan, sehingga menjadi lokasi wisata bawah laut bagi turis saat menyelam maupun bagi fotografer yang mengabadikannya,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Maluku Poli Kayhattu, di Ambon, Senin (12/7).

Kayhattu mengatakan berdasarkan hasil potret bawah laut, terdapat sejumlah bangkai kapaldi Teluk Dalam Ambon. Bangkai kapal tersebut telah menjadi rumah ikan. Lokasi tersebut sering menjadi tujuan turis.”Pemerintah Provinsi Maluku berharap dengan penenggala-man kerangka kapal itu menambah jumlah rumah ikan untuk menambah daya tarik wisata bawah laut Teluk Dalam Ambon sebagai salah satu tujuan wisata bahari yang digemari wisatawan, baik nusantara maupun mancangerar” kata Kayhattu.Di Ambon terdapat lokasi penyelaman yang indah seperti di perairan Laha, Kecamatan Teluk Ambon dan pantai Hukuril-la, Kecamatan Leitimur Selatan dengan gua bawah lautnya.

Lumbung ikan

Koordinator acara panitia lokal Sail Banda, Cak Saimima. mengatakan kehadiran Presiden pada 3 Agustus nanti sekaligus mencanangkan Maluku sebagai lumbung ikan nasional. Kegiatan Presiden lainnya adalah me-nyerahkan bantuan ke Masjid Raya Alfatah, Gereja Maranatha dan Santo Paulus, serta menandatangani prangko Sail Banda 2010.

Selanjutnya, dengan menumpang KRI Barakuda, Presiden akan meninjau pelayanan kesehatan di kapal rumah sakit terbesar milik Angkatan Laut Amerika Serikat USNS MERCY T-AH91. “Presiden juga dengan KRI Barakuda akan mengelilingi Teluk Dalam Ambon untuk menyaksikan perahu layar peserta Sail Banda,” kata Saimima.Kepala Negara dijadwalkan dengan KRI Surabaya akan mengunjungi Banda, dan bermalam di sana hingga Rabu (4/8).

Sebelumnya, Sekda Maluku Tengah AR Sukur mengatakan masyarakat Banda sangat berharap Presiden SBY mengunjungi daerah itu. “Menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Banda apabila Presiden SBY berkunjung ke daerahnya, yang merupakan tempat pembuangan sejumlah tokoh nasional pada zaman penjajahan di antaranya Muhammad Hatta dan Sutan Sjahrir,” katanya.Sementara itu, Pemkot Ambon telah mendaftarkan 29 unit rumah milik warga untuk dijadikan home stay (rumah sewa) bagi peserta Sail Banda 2010. Sail Banda dijadwalkan berlangsung 24 Juli hingga 17 Agustus mendatang.

“Ada 29 rumah warga sudah didaftarkan ke panitia lokal Sail Banda untuk disewakan kepada para peserta kegiatan bertaraf internasional ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Marthen Keiluhu.Puluhan rumah tersebut tersebar di Kecamatan Sirimau 14 rumah dengan 33 kamar, Kecamatan Nusaniwe (empat rumah dengan enam kamar), Kecamatan Baguala enam rumah (22 kamar)serta Kecamatan Teluk Ambon lima unit rumah dengan 15 kamar. antara, ed harun

Sumber : Republika 13 Juli 2010,hal.5

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *