browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Ditemukan, Fosil Ikan Prasejarah Raksasa Di Peterborough

Posted by on 24 November 2010

Ditemukan, Fosil Ikan Prasejarah Raksasa Di Peterborough


Inilah.com | Ilmuwan menemukan fosil sebuah dinasti ikan sepanjang 12-meter yang memenuhi laut prasejarah selama lebih dari 100 juta tahun lalu.

Studi baru itu dipercaya mengisi kesenjangan penting dalam kisah evolusi ikan, mamalia dan ekosistem laut.

Fosil dari Asia, Eropa dan AS mengungkapkan bahwa ikan raksasa Leedsichthys yang nama diambil dari kolektor fosil Alfred Nicholson Leeds yang menemukannya di dekat Peterborough pada 1886, bertahan antara 66 dan 172 juta tahun yang lalu.

Sampai sekarang, Leedsichthys telah menjadi teka-teki dari potongan yang hilang ikan penyaring plankton raksasa dengan ikan modern sekitar 100 juta tahun kemudian.

Dr Jeff Liston dari Universitas Glasgow yang merupakan bagian dari tim ilmuwan internasional mengatakan: “Terobosan datang ketika kami menemukan fosil tambahan, mirip dengan Leedsichthys tetapi jauh lebih muda”.

“Itu menunjukkan ada ikan penyaring raksasa yang lebih lama dari yang kita duga. Kami kembali ke koleksi museum, dan kami mulai mencari fosil ikan suspensi dari seluruh dunia, yang belum dipelajari atau salah identifikasi.”

Penelitian yang diterbitkan di Science itu menunjukkan beberapa fosil baru berasal dari Kansas Amerika Serikat. Dr Liston juga menemukan fosil baru saat melakukan penggalian di situs Peterborough di Inggris.

“Pengumpul plankton raksasa yang kita tahu hidup di lautan saat ini adalah hewan vertebrata terbesar yang hidup pada saat ini. Sebelum mereka, satu-satunya hewan yang dikenal untuk mengisi peran ini adalah ikan besar yang hidup 160 juta tahun yang lalu,” katanya.

“Fakta bahwa makhluk semacam ini hilang dari catatan fosil selama lebih dari 100 juta tahun tampak aneh. Apa yang kita tunjukkan adalah dinasti panjang ikan raksasa mengisi ruang ini dalam waktu selama lebih dari 100 juta tahun”.

(sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6033072)

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *