browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

DJPT Mengoptimalkan Operasional Pelabuhan Perikanan Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Posted by on 23 April 2014
Senin, 23 April 2014
1 Pekalongan–Pelabuhan Perikanan merupakan ujung tombak bagi pemerintah dalam menjalankan kebijakan pembangunan perikanan Indonesia.
Keberadaannya sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas perikanan dalam kegiatan pengelolaan sumberdaya ikan, kegiatan praproduksi, produksi, pengolahan, pemasaran ikan dan pengawasan. Untuk itu, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) terus berupaya meningkatkan daya dukung pelabuhan perikanan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, yang salah satunya dengan mengadakan Bimbingan Teknis Operasional Pelabuhan Perikanan.

Direktur Pelabuhan Perikanan DJPT mengatakan bahwa dari 816 pelabuhan perikanan yang ada di Indonesia, 36% diantaranya belum operasional. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan kinerja operasional dengan melakukan pengelolaan dan pelayanan pelabuhan perikanan secara efektif dan memenuhi syarat operasional. “Optimalisasi operasional pelabuhan perikanan harus memenuhi perencanaan pembangunan pelabuhan perikanan yang mengikuti kaidah-kaidah seperti lokasi pelabuhan perikanan, fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sesuai dengan kriteria teknis dan operasional dan adanya kelembagaan dalam memanfaatkan fasilitas pelabuhan perikanan”, terang Bambang Sutedjo, saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Operasional Pelabuhan Perikanan dengan tema “Pelabuhan Perikanan Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi” di Pekalongan, Selasa (15/4).

Dengan adanya bimbingan teknis yang diikuti oleh para pengelola pelabuhan perikanan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) provinsi dan kabupaten/kota lingkup Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta ini, diharapkan dapat memberikan informasi dan teknik pengelolaan dan pelayanan pelabuhan perikanan yang baik. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wahana dalam berbagi informasi dan diskusi secara komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan dalam pengelolaan pelabuhan perikanan. “Saya harap, bimbingan teknis ini dapat memberikan pengetahuan yang dapat dijadikan pedoman bagi para pengelola pelabuhan perikanan untuk mengoptimalkan operasional pelabuhan perikanan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi”, ungkap Bambang.

Direktur Pelabuhan Perikanan menambahkan bahwa, penguatan pengelolaan pelabuhan perikanan adalah hal yang sangat penting karena pelabuhan perikanan sebagai barometer keberhasilan pembangunan perikanan di suatu daerah. Operasional pelabuhan perikanan memiliki dampak yang sangat luas terhadap pertumbuhan dan perkembangan usaha perikanan dan usaha kecil lainnya yang mendukung kegiatan perikanan. Hal ini karena pelabuhan perikanan juga berfungsi sebagai basis pembinaan nelayan dan pengolah hasil perikanan skala kecil, menengah sampai besar serta sebagai pusat industri perikanan dalam suatu mekanisme sistem bisnis perikanan dari hulu ke hilir.

http://www.djpt.kkp.go.id/index.php/arsip/c/531/DJPT-Mengoptimalkan-Operasional-Pelabuhan-Perikanan-Sebagai-Pusat-Pertumbuhan-Ekonomi/?category_id=14

 

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *