browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

FISHERS EDUCATION : DOKUMEN WAJIB NELAYAN

Posted by on 25 March 2018

siup 1

[TAUKAH KAMU?]

Assalamualaikum Wr Wb.
Selamat malam warga Himafarin!

Taukah kamu tentang dokumen yang wajib dibawa saat melaut? Yap lebih tepatnya peraturan ini ada di Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No.30/MEN/2012 tentang Usaha Perikanan Tangkap di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia Pasal 86.

Dokumen perizinan untuk melaut terkadang menjadi masalah untuk nelayan. Padahal seperti yang tercantum dalam pasal 86 Permen KP diatas, hanya tiga dokumen saja yang wajib ada di atas kapal saat melaut. Apa saja? Yuk simak!
siup 2
1. SIPI/SIKPI Asli
Surat Izin Penangkapan Ikan atau SIPI merupakan dokumen perizinan untuk melakukan penangkapan ikan. Sedangkan SIKPI merupakan Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan yang merupakan dokumen perizinan untuk melakukan pengangkutan ikan ke pelabuhan pangkalan. Kedua dokumen tersebut wajib dimiliki kapal perikanan dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Surat Izin Usaha Penangkapan Ikan (SIUP) dan berlaku selama setahun.
siup 3
2. Surat Laik Operasi (SLO) Asli
SLO merupakan surat keterangan yang menyatakan bahwa kapal perikanan telah memenuhi persyaratan administrasi dan kelayakan teknis untuk melakukan kegiatan perikanan. Surat ini diterbitkan oleh Pengawas Perikanan Ditjen PSDKP di pelabuhan pangkalan, pelabuhan singgah, pelabuhan muat atau pelabuhan bongkar sesuai dengan SIPI atau SIKPI. SLO berlaku untuk satu kali trip operasional kegiatan perikanan.
siup 4
3. Surat Persetujuan Berlayar (SPB) Asli
SPB adalah dokumen negara yang dikeluarkan oleh Syahbandar di pelabuhan perikanan kepada setiap kapal perikanan yang akan berlayar meninggalkan pelabuhan perikanan setelah kapal perikanan memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal, laik tangkap, dan laik simpan.SPB berlaku untuk satu kali trip operasional kegiatan perikanan.

Sudah bertambahkah pengetahuan kalian mengenai perikanan tangkap? Yuk nanyikan informasi selanjutnya dari Himafarin!

“Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal yang akan kamu ketahui. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak tempat yang akan kamu kunjungi.” – Dr. Seuss

Terimakasih.
———————————-
Departemen Pengembangan Profesi
Instagram : @himafarinipb
twitter: @himafarin_ipb
facebook: Himafarin IPB
id Line: @mhz7261u
http://himafarin.lk.ipb.ac.id

#KABINETKOMPASMARITIM

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *