browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Gill Net

Posted by on 29 November 2010

Gill Net


Gill Net adalah jaring yang berbentuk persegi empat panjang, mempunyai mata jaring yang sama ukurannya pada seluruh jaring, lebar lebih pendek jika dibandingkan dengan panjangnya. Gill Net sering diterjemahkan dengan ”jaring insang”, ”jaring rahang”, dan lain-lain. Istilah gill net didasarkan pada pemikiran bahwa ikan-ikan yang tertangkap terjerat disekitar operculumnya pada mata jaring.

Jenis-Jenis Gill Net

  • Surface Gill Net

Pada salah satu ujung jaring ataupun pada kedua ujungnya diikatkan tali jangkar, sehingga letak jaring menjadi tertentu oleh letak jangkar. Beberapa piece digabungkan menjadi satu, dan jumlah piece harus disesuaikan dengan keadaan fishing ground. Float line (tali pelampung, tali ris atas) akan berada dipermukaan air (sea surface). Dengan demikian, arah rentangan dengan arah arus, angin, dan sebagainya akan dapat terlihat.

Dari segi lain, gerakan turun naik dari gelombang akan menyebabkan pula gerakan turun naik dari pelampung, kemudian gerakan ini akan ditularkan ke tubuh jaring. Jika irama gerakan ini tidak seimbang, juga tension yang disebabkan oleh float line terlalu besar, ditambah oelh pengaruh-pengaruh lainnya, kemungkinan akan terjadi peristima the rolling up of gill net yaitu peristiwa dimana tubuh jaring tidak lagi terlentang lebar, tetapi menjadi membulat. Dengan demikian, jaring tidak berfungsi lagi menjadi penghalang.

  • Bottom Gill Net

Pada kedua ujung jaring diikatkan jangkar, sehinnga letak jaring akan tertentu. Hal ini sering disebut set bottom gill net. Karena jaring ini dirntangkan dekat pada dasar laut, maka dinamakan bottom gill net, berarti jenis-jenis ikan yang menjadi tujuan penangkapannya ialah ikan-ikan demersal. Posisi jaring dapat diperkirakan pada float berbendera/ bertanda yang diletakkan pada  kedua ujung jaring itu sendiri. Operasi penangkapannya sama dengan surface gill net. Perbedaannya hanya posisi jaring dalam air.

Pada umumnya yang menjadi fishing ground adalah daerah pantai, teluk, muara, yang mengakibatkan pula jenis ikan yang tertangkap berbagai jenis.

  • Jaring Insang Melingkar (Encircling Gill Net)

Jaring insang lingkar adalah jaring insang yang karena cara pengoperasiannya ialah dilingkarkan pada sasaran tertentu yaitu kawanan ikan yang sebelumnya dikumpulkan melalui alat bantu sinar lampu. Setelah kawanan ikan terkurung kemudian dikejutkan dengan suara dengan cara memukul-mukul bagian perahu, karena terkejut ikan-ikan tersebut akan bercerai-cerai dan akhirnya tersangkut oelh mata jaring. Untuk pantai Utara Jawa jaring ini juga biasa disebut ”jaring geblug” atau ”jaring gebrag”.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *