browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

HIMAFARIN ON STAGE

Posted by on 12 November 2010

HIMAFARIN ON STAGE

Pelaksanaan : 7 November 2010

Tempat : 1. Auditorium Sumardi Sastrakusumah

2. Ruang Seminar PSP

Peserta : Siswa SMA se-Bogor

Deskripsi Kegiatan: Prestasi adalah sesuatu hal yang sangat ingin diperoleh oleh setiap pelajar baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Perkuliahan. Mengumpulkan prestasi sebanyak-banyaknya baik prestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik merupakan hal yang dicita-citakan oleh para pelajar khususnya siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA). Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pelajar untuk memperoleh prestasi-prestasi tersebut. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai perlombaan baik cerdas cermat, olimpiade, ataupun pelombaan dalam cabang seni dan olahraga.

Lomba Cepat Tepat Perikanan Tangkap adalah suatu bentuk perlombaan yang mempertemukan antara siswa/i berprestasi yang mewakili suatu sekolah dengan siswa/i berprestasi dari sekolah lainnya untuk bertanding dalam hal kecerdasan akademik, khususnya di bidang perikanan tangkap. Tiap sekolah akan mengirimkan siswa/i unggulannya untuk mewakili sekolahnya masing-masing. Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan HIMAFARIN On Stage (HOS) 2010 dan merupakan acara puncak dari “Dies Natalis Himafarin XXII”. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor pada umumnya dan memperkenalkan Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan pada khususnya kepada pelajar SMA, serta meningkatkan penyaluran informasi kepada pelajar SMA tentang dunia perikanan di Indonesia, khususnya dunia perikanan tangkap.

Lomba Cepat Tepat Perikanan Tangkap (LCTPT) diselenggarakan di Auditorium Sumardi Sastrakusumah pada tanggal 7 November 2010 mulai dari pukul 9.00 – 14.00 WIB. Peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 10 tim dari 5 SMA, yaitu SMA Negeri 4 Bogor (3 tim), SMA Negeri 8 Bogor (1 tim), SMA Negeri 1 Leuwiliang (1 tim), PGRI 4 Bogor (2 tim), dan SMA Regina Pacis (3 tim).

Babak penyisihan dilakukan selama 2 sesi. Tiap sesi dipertandingkan 5 tim, sesi pertama diikuti oleh SMA Negeri 4 Bogor (tim 1), PGRI 4 Bogor (tim 1), SMA Regina Pacis (tim 1), PGRI 4 Bogor (tim 2), dan SMA Negeri 1 Leuwiliang, sesi kedua diikuti oleh tim sisanya. Pada babak penyisihan ini dibacakan 30 soal meliputi: 15 soal dijawab dengan angkat papan dan 15 soal dijawab dengan memencet bel (babak rebutan). Soal-soal tersebut dibuat dengan mengambil materi dari modul mengenai pengetahuan dasar perikanan tangkap yang telah disusun dan diberikan oleh panitia kepada peserta. Pada babak ini akan diambil 3 tim dari tiap sesi untuk dipertandingkan pada babak semifinal. Pengambilan 3 tim tersebut berdasarkan sistem poin tertinggi, 3 tim dengan poin tertinggi akan maju ke babak semifinal.

Pada babak semifinal diikuti oleh 6 tim dengan 2 sesi, dimana tiap sesinya dipertandingkan 3 tim. Tim-tim yang maju ke babak semifinal ini antara lain: SMA Negeri 4 Bogor (tim 1), SMA Negeri 8 Bogor, SMA Negeri 1 Leuwiliang, SMA Regina Pacis (tim 1, 2, dan 3). Pada babak semifinal ini dibacakan 30 soal meliputi: 15 soal dijawab dengan angkat papan dan 15 soal dijawab dengan memencet bel (babak rebutan). Babak semifinal ini dilakukan selama 2 sesi. Tiap sesinya akan diambil 1 tim untuk maju ke perebutan Juara 1, dan 2. Dua tim sisanya akan dipertandingkan lagi pada babak perebutan Juara 3.

Pada babak perebutan Juara 1, dan 2 diikuti oleh tim dari SMA Negeri 8 Bogor dan SMA Negeri 1 Leuwiliang. Pada babak ini dibacakan 40 soal meliputi: 20 soal dijawab dengan angkat papan dan 20 soal dijawab dengan memencet bel (babak rebutan). Sedangkan pada babak perebutan Juara 3 diikuti oleh tim dari SMA Negeri 4 Bogor (tim 1), dan SMA Regina Pacis (tim 1, 2, dan 3). Pada babak ini juga dibacakan 40 soal meliputi: 20 soal dijawab dengan angkat papan dan 20 soal dijawab dengan memencet bel (babak rebutan).

Tim yang berhasil mendapat Juara 1 adalah dari SMA Negeri 8 Bogor, Juara 2 dari SMA Negeri Leuwiliang, dan Juara 3 dari SMA Regina Pacis (tim2). Juara 1 mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp.1.000.000,-, piala, dan sertifikat. Juara 2 mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp.750.000,-, piala, dan sertifikat. Juara 3 mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp.500.000,-, piala, dan sertifikat.

Selain Lomba Cepat Tepat Perikanan Tangkap (LCTPT), ada juga kegiatan lomba poster. Lomba poster ini dilaksanakan di Ruang Seminar PSP pada pukul 9.30 – 11.30 WIB. Peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 8 peserta dari beberapa SMA di Bogor. Lomba poster ini mengangkat tema “Eksistensi Perikanan Indonesia”. Media tulis yang digunakan oleh peserta adalah berupa crayon. Selain menggambar poster, mereka juga diwajibkan untuk membuat pesan yang akan disampaikan dari poster yang dibuat.

Penilaian poster dilakukan oleh beberapa panitia yang telah ditunjuk. Kriteria penilaiannya meliputi originalitas, kesesuaian tema, keindahan, dan pesan yang disampaikan. Dari beberapa kriteria tersebut didapatkan Juara 1 yaitu Miranti dari SMA Regina Pacis, Juara 2 yaitu Ani Nuraeni dari SMA Negeri 4 Bogor, dan Juara 3 yaitu Febylasmia dari SMA Kornita. Juara 1 mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp.300.000,-, piala, dan sertifikat. Juara 2 mendapat hadiah uang tunai Rp.200.000,-, piala, dan sertifikat. Juara 3 mendapat hadiah uang tunai Rp.100.000,-, piala, dan sertifikat.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *