browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

HIMAFARIN ON STAGE 2016

Posted by on 15 November 2016

dsc_0102

Festival Perikanan Tangkap Indonesia merupakan salah satu rangkaian acara dari Dies Natalis 53 tahun Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor dan merupakan acara puncak Musyawarah Nasional Mahasiswa Perikanan Tangkap Se-Indonesia. Fetival Perikanan Tangkap Indonesia ini lebih dikenal dengan nama HOS (Himafarin On Stage)  yang memiliki tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya yaitu untuk memperkenalkan dan menambah wawasan mengenai perikanan tangkap kepada siswa/i SMA/SMK se-Indonesia, serta menjalin silaturahmi antar mahasiswa/i dari Perguruan Tinggi di Indonesia. Tujuan khususnya yaitu memperkenalkan Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, serta Institut Pertanian Bogor kepada siswa/i SMA/SMK di sekitar Jabodetabek, serta kepada mahasiswa/i dari berbagai Perguruan Tinggi di Pulau Jawa, sebagai sarana publikasi Maritim Expedition IV yang dilaksanakan oleh HIMAFARIN IPB, menambah wawasan siswa/i SMA/SMK di sekitar Jabodetabek, serta kepada mahasiswa/i dari berbagai Perguruan Tinggi di Pulau Jawamengenai kondisi perikanan tangkap Indonesia, memfasilitasi bakat serta potensi yang dimiliki siswa/i SMA/SMK di sekitar Jabodetabek, serta kepada mahasiswa/i dari berbagai Perguruan Tinggi di Pulau Jawadalam bidang perikanan tangkap, dan sarana diskusi untuk mencari solusi terhadap masalah perikanan tangkap Indonesia saat ini. Perikanan Tangkap Nasional dilaksanakan pada hari Jumat – Sabtu, 14 – 15 Oktober 2016, bertempat di Auditorium Sumardi Sastrahadikusuma. Tema kegiatan ini adalah Blue Economy: Growth, Opportunity, and A Sustainable Captured Fisheries”.

Beberapa kegiatan yang  dilaksanakan pada rangkaian FESTIVAL PERIKANAN TANGKAP NASIONAL, antara lain:

img_8866 img_0029

  1. Perlombaan

Beberapa perlombaan yang diadakan terdiri atas:

  • Lomba Essay, bertemakan tentang dunia perikanan. Lomba Essay adalah lomba yang akan diikuti oleh siswa/i SMA se-Indonesia.
  • Lomba Fotografi, adalah lomba foto bertemakan perikanan maritim, yang hasilnya nanti juga akan dipamerkan di acara Expo Perikanan Tangkap.
  • Lomba Cepat Tepat Perikanan Tangkap, adalah lomba cerdas cermat bertemakan perikanan tangkap.. Lomba Cepat Tepat Perikanan Tangkap diikuti oleh siswa/i SMA/sederajat se-Indonesia.
  • Lomba Cerita Inspiratif adalah lomba menulis cerita nyata yang bertemakan tentang perikanan maritime yang akan diikuti oleh siswa/i SMA Se-Indonesia.
  • Speech Contest, adalah lomba pidato dalam bahasa inggris yang bertemakan perikanan. Speech Contest diikuti oleh siswa/i SMA/sederajat se-Indonesia.
  1. Talkshow

dsc_0065

Merupakan wahana edukasi, sosialisasi, serta advokasi yang diupayakan melalui pembahasan Perikanan tangkap Indonesia secara akademis dan profesional. Acara ini berlangsung pada hari ke-2 yaitu tanggal 15 Oktober 2016 dengan mengundang narasumber di bidang perikanan tangkap seperti Bapak Dr. Agus Suherman S.Pi M.Si, selaku Direktur Pelabuhan Perikanan KKP, Bapak Niko Amrullah S.Kel M.E. selaku Wasekjen BPP KNTI, dan Bapak Abdul Halim selaku Sekjen Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan yang di gantikan dengan Ibu Annisa Meutia Ratri, selaku Deputy of Education and Networking dengan moderator oleh saudara Heris PSP 50 (KETUA BEM) .

  1. Expo Dan Bazaar

img_9020

 

Expo merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan kepada para peserta yang telah mengikuti lomba pada hari sebelumnya. Sedangkan bazaar akan diisi oleh pihak sponsor yang telah bekerjasama dalam acara ini.

 

 

Acara ini tidak akan berlangsung tanpa adanya dukungan dari pihak sponsor. Sponsor yang memberi  dukungan pada kegiatan ini adalah PKSPL-IPB (Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan-Institut Pertanian Bogor), Nutrifood, Crispy Ikan dan Mr. Brownco. Organized by Yyume dan media partner yang ikut membantu dalam mempublikasi kegiatan ini adalah Bogor Event, Mahasiswa Indonesia, Mina Indonesia, Pemuda Maritim, Dapyuk.com, Radar Kampus dan Kompas.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *