browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

INDONESIA DIHARAPAKAN MEMILIKI SEKOLAH PERIKANAN BERTARAF INTERNASIONAL

Posted by on 9 November 2010

INDONESIA DIHARAPAKAN MEMILIKI SEKOLAH PERIKANAN BERTARAF INTERNASIONAL

Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad berharap Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dan Akademi Perikanan (AP) yang berada di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat ditingkatkan menjadi lembaga pendidikan yang bertaraf internasional. Dalam sambutan saat menandatangani MoU dengan Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh (1/11), Fadel menyampaikan harapannya agar Mendiknas dapat melakukan pembinaan dan pengembangan lembaga pendidikan kelautan dan perikanan yakni STP menjadi ”Institut Perikanan dan Kelautan Nasional” dan AP menjadi “Politeknik Perikanan”. “Melalui pembinaan dan pengembangan yang dilakukan oleh Kemendiknas, maka penyelenggaraan program Diploma dan Magister Terapan dibidang kelautan dan perikanan dapat dilaksanakan”, tambah Fadel.

Lebih jauh Fadel berharap, melalui pembinaan oleh Kemdiknas maka lembaga pendidikan KKP menjadi pendidikan tinggi bertaraf internasional dan masuk ke dalam ”Top ten marine and fisheries vocational education in the world”. Menurut Fadel, KKP melalui lembaga pendidikan tinggi vokasional di STP dan AP bercita-cita untuk mencetak tenaga ahli yang unggul dan berkarakter, sehingga mampu bersaing di dunia kerja tingkat nasional maupun internasional, serta mencetak wirausahawan muda di bidang kelautan dan perikanan. Hal tersebut merupakan salah satu strategi utama KKP yakni memperkuat kelembagaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) secara terintegrasi.

Selain penandatanganan MoU oleh MKP dan Mendiknas, pada saat yang sama juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Non Formal dan Informal, Hamid Muhammad, mengenai penyelenggaraan pelatihan dan penyuluhan kelautan dan perikanan.

Usai penandatanganan MoU, MKP disaksikan Mendiknas meluncurkan Program Unggulan Wirausaha Mina Lulusan (PROMULA) yakni program bantuan modal ikatan dinas kewirausahaan untuk membantu modal awal usaha perikanan, bagi para lulusan pendidikan kelautan dan perikanan, penyuluh, dan pelaku utama perikanan pemula. Bantuan sebesar Rp. 10 juta ini mengikat para penerima modal wirausaha untuk berkomitmen melakukan kegiatan produksi perikanan dan wajib melaporkan capaian produksinya secara periodik kepada KKP, sehingga nantinya para peserta mendapatkan dukungan permodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pada tahun 2011 mendatang, KKP akan menyiapkan sedikitnya 600 paket PROMULA sehingga dapat melahirkan para pengusaha muda di bidang kelautan dan perikanan dalam rangka menumbuhkembangkan perekonomian di daerah.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *