browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Jaring Millenium

Posted by on 3 February 2017

IMG_2447

 

– Jaring Millenium –

Kontributor : Shidiq Lanang Prasetyo

Jaring millenium atau yang biasa disebut jaring inul merupakan salah satu dari jenis alat tangkap gillnet. Alat ini diberi nama jaring millenium dikarenakan didalam perairan jaring ini memantulkan cahaya dan berwarna blink atau mengkilat.
_
Apa yang membedakan jaring milenium dengan jaring gillnet pada umumnya ? Perbedaannya yakni terletak pada benang pada badan jaringnya. Jaring millenium menggunakan PA Mono-Multifilament yakni pada badan jaring, benang yang digunakan adalah dengan benang nilon monofilament dengan diameter kecil lalu benang monofilament tersebut dipilin dengan monofilament lainnya sehingga diameter benang pun jadi lebih besar karena dalam badan jaring, biasanya terdapat 10 pilinan dari benang monofilament.
_
Kelebihan dari jaring millenium ini ketika dioperasikan di dalam air, benang pada badan jaring akan membuka pilinannya karena faktor arus, sehingga ikan target ketika menabrak jaring, ikan yang tertangkap tidak hanya terjerat pada bagian insang saja, tetapi juga bagian duri, sirip, operkulum, dan sebagainya karena menyangkut ke dalam benang pilinan yang terbuka, sehingga ikan mudah tertangkap.
_
Perlu adanya penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk jaring millenium ini supaya dapat lebih diterima oleh nelayan dan mampu mengefektivitaskan usaha penangkapan serta diharapkan menjadi alat tangkap ramah lingkungan dan menjaga keberlanjutan sumberdaya ikan di perairan Indonesia kita ini.

#himafarinipb2017
#Huhate
#FishermanEdu

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *