browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

KKP MEMBUKA PENGADUAN MASYARAKAT

Posted by on 9 December 2010
KKP MEMBUKA PENGADUAN MASYARAKAT

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya dibidang pelayanan usaha penangkapan ikan serta pelayanan obat ikan, kimia dan bahan biologi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjaring pengaduan dan keluhan masyarakat terhadap kinerja aparatur dan unit pelayanan dikedua unit layanan tersebut. Pengumpulan terhadap pengaduan masyarakat tersebut dilakukan untuk menciptakan kesadaran dan partisipasi publik dalam menggunakan pelayanan dan menyalurkan pengaduan sesuai dengan sarana yang telah disediakan oleh KKP. Rencananya pengumpulan pengaduan masyarakat tersebut dilakukan dalam Lokakarya Pengaduan yang dilaksanakan KKP bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara pada tanggal 8-9 Desember 2010 di Kantor Pusat KKP.
Masukan atas pengaduan yang diberikan masyarakat nantinya akan menjadi acuan bagi KKP untuk merubah dan meningkatkan standar layanan publik menjadi kepuasan publik sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat. Dalam peraturan menteri tersebut untuk merubah pengaduan pengguna jasa menjadi kepuasan pengguna jasa dilakukan dalam empat tahapan mekanisme. Selain lokakarya pengaduan sebagai mekanisme pertama, mekanisme yang akan ditempuh KKP selanjutnya adalah survey pengaduan, lokakarya analisa masalah, dan terakhir adalah penandatanganan janji perbaikan layanan.

Khusus di sektor perikanan tangkap, untuk meningkatkan layanan publik atas perizinan usaha perikanan tangkap, maka Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap telah berupaya untuk terus memperbaiki melalui cara-cara sebagai berikut: pertama, dengan menyempurnakan SOP (Standar Operational Procedure) perizinan usaha perikanan tangkap agar mudah dipahami dan lebih praktis, terutama mengenai waktu pelayanan; kedua, dengan menertibkan tata ruang pelayanan sehingga pelanggan merasa nyaman dan tidak perlu memasuki ruang petugas karena telah tersedia informasi pelayanan perizinan melalui display informasi perizinan. Selain itu upaya lain yang dilakukan adalah dengan: ketiga, memperbaiki mekanisme pengaduan masyarakat melalui media SMS, email dan internet maupun kotak pos dengan harapan respon tehadap pengaduan dapat segera teratasi dengan cepat dan tepat; dan keempat, pemanfaatan teknologi perizinan secara online sehingga mudah diakses oleh masyarakat khususnya yang akan berinvestasi di bidang usaha perikanan tangkap.

Melalui peningkatan dan kemudahan-kemudahan layanan yang KKP berikan kepada masyrakat maka diharapkan kepada para pengguna jasa dan layanan perizinan dapat mengurus sendiri ijin usaha dan perijianan-perijinan lainnya serta tidak lagi menggunakan biro jasa maupun calo.Pembukaan forum pengaduan masyarakat ini adalah salah satu langkah upaya KKP untuk menanggulangi terjadinya korupsi, kolusi, nepotisme atau gratifikasi di lembaga ini.

sumber : http://www.dkp.go.id/archives/c/34/3697/kkp-membuka-pengaduan-masyarakat/

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *