browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pelabuhan Perikanan

Posted by on 15 October 2010

Pelabuhan Perikanan

Menurut peraturan menteri kelautan dan perikanan nomor 16 tahun 2006, Pelabuhan Perikanan adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di sekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan sistem bisnis perikanan yang dipergunakan sebagai tempat kapal perikanan bersandar, berlabuh, dan/atau bongkar muat ikan yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang perikanan. Selain itu, beberapa pengarang telah mendefinisikan pelabuhan, diantaranya C. Verlaque, 1975 yang mengartikan bahwa pelabuhan laut merupakan suatu tempat berlangsungnya kontak penting antara transpor melalui laut dengan transpor melalui darat.  Pengertian pelabuhan menurut Departemen Perhubungan adalah suatu daerah tempat berlabuh dan atau tempat bertambatnya kapal laut serta kendaraan lainnya untuk menaikkan dan menurunkan menumpang, bongkar muat barang yang semuanya merupakan daerah lingkungan kerja aktivitas ekonomi, secara juridis terhadap hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan untuk kegiatan-kegiatan di pelabuhan tersebut (Lubis, 2000).

Pelabuhan perikanan adalah pelabuhan yang berfungsi untuk berlabuh dan bertambatnya kapal yang hendak bongkar muat hasil tangkapan ikan atau mengisi bahan perbekalan melaut. Departemen Perhubungan menggolongkan pelabuhan perikanan adalah termasuk sebagai pelabuhan khusus. Arti pelabuhan khusus yaitu pelabuhan yang penggunaannya khusus untuk kegiatan sektor perindustrian, pertambangan atau pertanian dalam arti luas pembagunan dan pengoperasiannya dilakukan oleh instansi bersangkutan untuk bongkar muat ”barang” (bahan baku atau hasil produksi atau hasil eksploitasi) yang tidak dapat ditampung oleh pelabuhan umum (Lubis, 2000).

Daftar Pustaka :

Lubis, E. 2007. Buku I : Pengantar Pelabuhan Perikanan.  Bagian Pelabuhan Perikanan, Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *