browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pelatihan Operasi Penangkapan Ikan ( POPI ) 2014

Posted by on 24 April 2014

“Pelatihan Operasi Penangkapan Ikan (POPI) 2014 “

kover proposal POPI makek logo HIMPATINDO

Pemanfaatan sumber daya perikanan khususnya pada perikanan laut (perikanan tangkap) sampai saat ini masih didominasi oleh usaha perikanan rakyat yang umumnya memiliki karakteristik skala usaha kecil, aplikasi teknologi yang sederhana, jangkauan penangkapan yang terbatas di sekitar pantai dan produktifitas yang relatif masih rendah. Tingkat produktivitas suatu alat tangkap dapat diketahui dari jumlah dan komposisi hasil tangkapan alat tangkap tersebut dengan jumlah upaya penangkapan. Rendahnya produktivitas nelayan umumnya diakibatkan oleh rendahnya ketrampilan dan pengetahuan serta penggunaan alat tangkap maupun perahu atau kapal yang masih sederhana sehingga efektifitas dan efisiensi alat tangkap serta penggunaan faktor-faktor produksi lainnya belum optimal.

Sarana dan prasarana dalam kegiatan operasi penangkapan ikan memang harus diperhatikan sehingga operasi penangkapan ikan akan berjalan dengan baik dan memperoleh keuntungan yang banyak. Selain memperhatikan aspek keuntungan yang harus didapatkan nelayan, faktor kelestarian lingkungan pun harus diperhatikan dengan seksama. Bagaimana sumberdaya ikan itu akan terus terjaga sehingga kegiatan operasi penangkapan dapat berkelanjutan. Lingkungan tempat hidup ikan juga harus dijaga kelestariannya sehingga menjadi habitat yang nyaman untuk ikan tumbuh dan berkembang. Kegiatan penangkapan ikan tidak dilakukan dengan semena-mena menggunakan bom. Menangkap sebanyak-banyaknya ikan yang ada di laut dengan segala cara yang dapat membahayakan lingkungan.

Saat ini diperlukan sekali adanya sebuah usaha dan tindakan untuk meningkatkan wawasan dan menjaga sumberdaya ikan yang ada oleh para pemuda Indonesia yang harus perduli terhadap lingkungan khususnya mahasiswa sebagai  generasi penerus agar mampu berkarya demi bangsa dan negaranya. Bercermin dari pernyataan diatas, Kelompok Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (KSP) Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro mengadakan Pelatihan Operasi Penangkapan Ikan. Kegiatan ini turut bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Perikanan Tangkap Indonesia (HIMPATINDO). Bentuk Kegiatan inilah yang kami harapkan dapat membekali mahasiswa khususnya Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dalam menghadapi tantangan dunia yang memasuki dunia globalisasi.

Pelatihan Operasi Penangkapan Ikan merupakan sebuah wadah  sarana pelatihan pengoperasian alat tangkap yang bertujuan untuk mengasah dan menciptakan generasi pemuda yang berkompeten dalam mewujudkan perikanan tangkap yang unggul. dengan adanya pelatihan ini, maka sebagai peserta akan mengetahu Mengetahui dasar-dasar teknik penangkapan, Mengetahui metode panangkapan ikan, Mengetahui metode penangkapan ikan ramah lingkungan dan Mengetahui dampak positif dan negatif kegiatan penangkapan bagi lingkungan dan manusia.

Pelatihan yang ditaja oleh Kelompok Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan  Universitas Diponegoro ( KSP UNDIP ) dengan Himpunan Mahasiswa Perikanan Tangkap  Indonesia ( HIMPATINDO ) mengusung tema ” Peran Pemuda untuk Mewujudkan Perikanan Tangkap yang Berwawasan dan Berkelanjutan”. dan akan dilaksanakan pada :

Hari                      : Jumat – Minggu

Tanggal                 : 18 – 20 April 2014

Tempat                 : Perairan Jepara Jawa Tengah

Sumber                 : HIMPATINDO

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *