browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Press Release Fishermen Friend 2016

Posted by on 14 October 2016

20160929_123546

Fishermen Friend merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan yang bergerak dibidang pengabdian masyarakat khususnya pada masyarakat pesisir. Kegiatan ini berada dibawah naungan Departemen Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Himpunan Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Himafarin), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui potensi perikanan tangkap di lokasi pengabdian, mengetahui potensi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat nelayan, menumbuhkan kepedulian masyarakat dan siswa-siswi sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama dan mahasiswa PSP terhadap keberlanjutan ekosistem pesisir dan kebersihan pantai, serta untuk menjalankan salah satu fungsi mahasiswa pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

            Pengabdian masyarakat di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi ini merupakan kegiatan rutin dari Himafarin yang sebelumnya dilakukan di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Desa Sangrawayang merupakan desa yang kaya akan potensi untuk pertumbuhan ekonomi masyarakatnya, tak hanya potensi perikanan dan kelautan, terdapat juga potensi pertanian di desa tersebut. Hal itu dapat dilihat dengan adanya sawah dengan tanaman padi yang subur walau hanya berjarak dua meter dari bibir pantai. Sepanjang perjalanan menuju Desa Sangrawayang mata kita disuguhi pemandangan yang indah antara pantai dan sawah yang berjarak sangat dekat, serta tumbuhan buah yang melimpah seperti, jagung, mangga, pisang, dan masih banyak jenis lainnya dan tempat wisata yang tak kalah indah yaitu Pantai Loji dan Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa.

            Kegiatan Fishermen Friend ini dilakukan pada tanggal 24-26 Agustus 2016 yang diikuti oleh panitia sebanyak 28 orang dan sambut dengan antusias oleh masyarakat sekitar dan siswa-siswi SD dan SMP. Dalam kegiatan FF 2016 terdapat tiga rangkaian acara, yaitu Maritime Expedition, PSP Mengajar, dan Pendidikan Lingkungan Hidup. Kegiatan ini diawali pada tanggal 25 Agustus 2016 dengan acara Maritime Expedition dan PSP Mengajar. Maritime Expedition merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menggali informasi mengenai potensi perikanan tangkap yang ada diwilayah tersebut melalui wawancara dan terjun langsung ke lapangan dengan mengikuti kegiatan penangkapan ikan bersama nelayan. Kegiatan wawancara ini dilakukan oleh empat orang panitia dan dua orang panitia yang mengikuti trip melaut dengan nelayan. PSP Mengajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh panitia dengan memberikan wawasan kepada siswa-siswi SD maupun SMP melalui pemaparan video motivasi, pengenalan jenis-jenis profesi, penyampaian nasehat melalui dongeng boneka tangan, dan pembagian majalah kepada siswa-siswi sekolah dasar. Kegiatan ini dilakukan oleh panitia sesuai dengan pembagian kelompoknya. Pada tanggal 26 Agustus 2016 dilanjutkan dengan acara Pendidikan Lingkungan Hidup yang diikuti oleh siswa-siswi SD dan SMP, pendidikan lingkungan hidup ini merupakan kegiatan bersih-bersih pantai untuk mengurangi jumlah sampah yang ada disekitar pantai. Kegiatan ini dilakukan disekitar pantai wisata Loji dengan mengumpulkan sampah yang ada menggunakan trashbag kemudian sampah tersebut dibakar. Setelah semua rangkaian selesai maka, sebagai penutup dari kegiatan ialah penyerahan tong sampah secara simbolis dari tim Fishermen Friend 2016 kepada pengurus Desa Sangrawayang yang diwakili oleh Bapak Amud dengan harapan tong sampah tersebut dapat bermanfaat bagi warga setempat untuk membuang sampah dan tidak lagi mengotori pantai.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *