browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

[PRESS RELEASE : Latihan Perairan Terbuka (Sertifikasi) HIMDIVE]

Posted by on 18 April 2018

myhome_3

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat malam warga Himafarin!

HIMAFARIN DIVE (HIMDIVE) merupakan salah satu kegiatan mahasiswa dibawah naungan Departemen Pengembangan Profesi Himafarin yang bertujuan untuk menambah kemampuan penunjang di bidang perikanan tangkap serta meningkatkan kompetensi mahasiswa PSP yang berstandar Internasional. Pada kegiatan ini HIMAFARIN berkerjasama dengan Laboratorium Keselamatan Kerja dan Observasi Bawah Air (KKO), departemen PSP, FPIK-IPB.

597220

Rangkaian pelatihan dijenjang A1 ini terbagi dalam beberapa rangkaian, yaitu Pengantar Akademik Penyelaman (PAP), Latihan Keterampilan Kolam (LKK)dan latihan Perairan Terbuka (LPT) untuk nantinya memperoleh sertifikasi.

Program PAP dilakukan di Laboratorium KKO, PSP FPIK IPB untuk memberikan pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar pengetahuan yang berkaitan dengan penyelaman secara umum yang dibutuhkan sesuai jenjang pemula. Di akhir pelajaran PAP, peserta wajib mengikuti evaluasi tertulis PAP dan keterampilan pokok yang akan diuji oleh instruktur dengan nilai minimal lulus (passing score) 75%.

Kemudian LKK dilakukan di kolam renang Tirta Ayu Cinangneng selama sekali dalam seminggu dalam waktu 2 bulan. Di sini peserta diajarkan untuk adaptasi awal dengan alat-alat selam yang akan digunakan serta dasar-dasar keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan penyelaman secara aman. Dan terakhir adalah program LPT yang dilakukan di perairan terbuka (Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu), dimana peserta dibimbing untuk menerapkan keterampilan yang telah didapatkan di LKK serta mempraktekkannya dalam latihan penyelaman pada kondisi nyata.

Latihan Perairan Terbuka HIMDIVE telah dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 April 2018 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara oleh Himpunan Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (HIMAFARIN). Kegiatan ini diikuti oleh 13 orang yang terdiri dari 7 orang peserta, 2 orang panitia, 3 orang Mentor, dan 1 orang Instruktur selam.

Kegiatan pada hari pertama dilakukan pengenalan dan adaptasi terhadap lingkungan perairan dengan melakukan snorkeling. Kemudian dilanjutkan kegiatan dive sebanyak 3 kali, dengan mengulang materi LKK yaitu Mask Clearing, Regulator Finding dan Buddy Breathing (simulasi kehabisan udara). Malam harinya dilakukan evaluasi penyelaman dan pengisian buku catatan penyelam (diver log book). Kegiatan pada hari pertama dipimpin oleh teknisi Laboratorium KKO Hamba Ainul Mubarok dan Dr. Ir. Budhi Hascaryo Iskandar, M. Si selaku Instruktur selam. Pada hari ke-dua dilanjutkan dengan melakukan dive 4 yaitu pelaksanaan ujian sertifikasi A1 yang dipimpin langsung oleh Dr. Ir. Budhi Hascaryo Iskandar, M. Si selaku instruktur selam HIMDIVE. Kemudian pada dive 5, berupa fun dive di perairan sekitar APL Pulau Panggang yang diikuti oleh semua peserta.

Terimakasih.
———————————-
Departemen Pengembangan Profesi
Instagram : @himafarinipb
twitter: @himafarin_ipb
facebook: Himafarin IPB
id Line: @mhz7261u
http://himafarin.lk.ipb.ac.id

#KABINETKOMPASMARITIM

597222597221597219597218

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *