browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Rancang Rencana Strategis, BPOL Gelar Rakernis 2014

Posted by on 3 May 2014

Senin, 07 April 2014

aDengan tujuan mengevaluasi capaian kinerja BPOL dan menyusun rencana strategis di tahun 2015 – 2019, BPOL gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) selama dua hari, 3-4 April di Santika Siligita, Nusa Dua. Tema Rakernis yang diusung tahun ini adalah “Penguatan Pemanfaatan Hasil Litbang untuk Peningkatan Daya Saing dan Kelestarian Sumderdaya Kelautan dan Perikanan”. Dibuka secara resmi oleh sekretaris Balitbang KP, Dr. Aryo Hanggono, DEA, dalam arahannya tentang “Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Untuk Kesejahteraan Bangsa”, beliau berpesan agar pembangunan INDESO dapat dimanfaatkan dengan baik dalam mendukung pembangunan National Marine Data and Information Centre.

Diikuti oleh seluruh pegawai BPOL, beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya dihadirkan untuk memberikan paparan. Narasumber tersebut adalah Ir. Elly Rasdiani Sudibjo, M.Sc, Ph.d dari Dewan Kelautan Indonesia, Hanung Cahyono, SH, LLM dari Biro Hukum dan Organisasi, Ir. Rini Silvianti dari Biro Kepegawaian, Wiwik Wulandari, A.Pi dari Dirjen Perikanan Tangkap, dan Dr. Hendra Yusran Siri, S.Pi, M.S dari Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil.

Dalam diskusi kelompok, peserta dibagi menjadi tiga kelompok yaitu : Rencana program kerja penelitian dan pengembangan BPOL, Rencana program kerja penguatan kelembagaan dan sumber daya manusia BPOL, Rencana program kerja penguatan dukungan dan pemanfaatan hasil litbang BPOL.

Beberapa hasil dalam rumusan Rakernis yang dibacakan pada akhir acara adalah: pertimbangan proporsi antara penelitian dasar, terapan dan eksperimental (20:40:60), pertimbangan aspek national security dalam kegiatan penelitian BPOL, integrasi kegiatan antar kelompok penelitian dan sinergi dengan unit kerja lingkup Balitbang KP dan Ditjen Teknis KKP,  peningkatan kualitas output penelitian BPOL yang tidak terbatas dalam bentuk data dan informasi, namun juga pada tahap rekomendasi dan pengembangan dengan memperhatikan kebutuhan para pengguna.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *