browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

TINGKAH LAKU IKAN DAN METODE PENANGKAPAN IKAN

Posted by on 20 June 2010

Proses tertangkapnya ikan oleh jenis alat tangkap menyangkut sejumlah interaksi yang cukup pelik. Berkaitan dengan mekanisme alat tangkap dan dengan tingkah laku ikan. Sering dijumpai berbagai kegagalan penangkapan dikarenakan kurangnya pengetahuan yang cukup tentang tingkah laku ikan yang menjadi tujuan penangkapan. Dengan memahami pengetahuan tentang tingkah laku ikan diharapkan akan diperoleh berbagai hal yang berguna, yang dapat mengoptimalkan efisiensi suatu alat tangkap.

Berbagai hal yang umum dilakukan sebagai usaha pengamatan tingkah laku ikan :

  1. Berbagai pengamatan tingkah laku ikan dalam aquarium atau tangki-tangki percobaan, untuk mengamati respon ikan terhadap berbagai rangsangan yang ditimbulkan oleh berbagai benda baik yang diam maupun bergerak.
  2. Pengamatan dapat dilakukan secara langsung maupun dengan menggunakan berbagai sarana seperti underwater camera, televisi, echosounder atau sonar;
  3. Pengamatan langsung dengan bantuan para penyelam maupun secara tidak langsung melalui berbagai sarana sebagaimana yang dilakukan di lapangan pada perairan dangkal.  Pengamatan yang dilakukan ditujukan kepada tingkah laku ikan dalam menghadapi berbagai alat tangkap;

Pengamatan secara tidak langsung tingkah laku ikan dalam hubungannya dengan alat tangkap yang dioperasikan pada laut dalam dengan bantuan berbagai peralatan seperti underwater camera, televisi maupun sonar yang diatur dengan pengontrol jarak jauh. Pengamatan dan penelitian memberikan andil dalam pengembangan usaha penangkapan, terutama yang menyangkut berbagai respon ikan terhadap berbagai rangsangan yang ditimbulkan oleh sesuatu jenis alat tangkap yang berguna bagi proses penangkapan berbagai jenis ikan.

Rangsangan yang berdasarkan penglihatan yang kiranya paling memegang peranan. Ikan akan menghindar atau menabrak alat tangkap yang merupakan penghadang gerak serta jalan ikan.

Beberapa tingkah laku ikan yang penting ;

tingkah laku makan, berkelompok, berasosiasi,ruaya, reproduksi, pergerakan, renang dan tingkah laku menyelam.

  • School dan shoal ikan

Pitcher (1986)

school didefinisikan sebagai kelompok ikan yang berenang secara sinkron dan terpolarisasi. Oleh karena itu schooling merupakan suatu penunjukkan tingkah laku ikan di dalam shoals dan school memiliki sebuah struktur yang diukur berdasarkan polaritas dan sinkronitas.

School lebih baik digunakan untuk situasi dimana ikan didalam sebuah shoal memperlihatkan koordinasi ruang dan koordinasi manuver yang baik.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya school Gunarso (1985) ikan-ikan membentuk school:

  • Perlindungan diri dari pemangsa atau predator;
  • Mencari dan menangkap mangsa;
  • Pemijahan;
  • Ruaya dan pergerakan.
Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *