browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Wih, Ikan Asal Indonesia Dihargai Rp 400 Miliar

Posted by on 28 December 2012
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo mengungkapkan adanya peningkatan signifikan atas ekspor ikan asal Indonesia ke Timur tengah. Tahun ini saja, ikan Indonesia dihargai 40 juta dollar Amerika (sekitar Rp 400 miliar). Nilai itu adalah kompensasi dari ekspor 14 ribu ton ikan Indonesia ke Negara di Jazirah Arab tersebut.

“Ekspor produk perikanan ke beberapa negara nontradisional di Timur Tengah dan Afrika semakin tumbuh signifikan, permintaan kedua kawasan ini akan produk olahan ikan cukup tinggi,” kata Sharif Cicip Sutardjo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.Sebagai perbandingan, ekspor Indonesia ke Timur Tengah pada tahun lalu mencapai angka 30 juta dollar Amerika (sekitar Rp 300 miliar). Itu artinya ekspor ikan Indonesia ke Timur Tengah meningkat 10 miliar doillar di tahun ini.

Hal yang sama juga terjadi dalam neraca ekspor ikan Indonesia ke Afrika. Pada tahun 2011, nilai ekspor Indonesia ke Afrika mencapai  29 ribu ton dengan nilai 81 juta dolar. Sedangkan hingga Agustus 2012, ekspor pada tahun ini juga menunjukkan peningkatan cukup tajam dengan volume yang mencapai 23 ribu ton dengan nilai 56 juta dolar AS.

Sumber: REPUBLIKA.COM Tanggal 26 Desember 2012 Hal.1

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *