[PRESS RELEASE EFF]

DSC_2343 DSC_2370-1(1) DSC_2422-1 DSC_2543-1 DSC_2785 IMG_0078 IMG_1539 IMG_20190803_165642(1) IMG_20190808_155951[PRESS RELEASE EFF]

Expedition of Fishermen’s Friends 2019 dilaksanakan pada tanggal 01-10 Agustus 2019, bertempat di Pulau Gili Raja, Kab. Sumenep, Kec. Giligenting, Jawa Timur. Expedition of Fishermen’s Friends 2019 ini, diikuti oleh 37 orang yang terdiri dari 32 orang Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP IPB University) dan 5 orang Mahasiswa non- PSP IPB University. Kegiatan ini bertemakan “Semangat Jiwa Muda untuk Pesisir Gili Raja”. Pulau Gili Raja sendiri terdiri dari 4 desa yaitu Desa Lombang, Banbaru, Banmaleng, dan Jate.

Kegiatan tim dilokasi pengabdian di wujudkan ke dalam beberapa program kerja yang disusun oleh masing-masing divisi meliputi aspek pendidikan, aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek lingkungan. Dalam aspek pendidikan, tim berbagi ilmu dalam dunia perikanan dan mengurangi buta huruf bahasa indonesia yang dilaksanakan di SDN 01 Desa Jate dan Yayasan Pondok Pesantren As-Sa’Eah dan melaksanakan Religion Camp yang merupakan program pembinaan terkait kehidupan beragama dengan menggunakan metode story telling dan games interaktif. Pada aspek ekonomi, tim memberikan penyadaran Good Manufacturing Practices (GMP) dalam pembuatan pangan hasil perikanan yang berupa Nugget Ikan untuk meningkatkan nilai jual yang tinggi. Sedangkan dalam aspek sosial, tim melaksanakan Inovation Gear dan Focus Grup Discussion, Inovation Gear merupakan program yang memperkenalkan inovasi alat tangkap dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan IPB University berupa bubu dua pintu kepada nelayan Desa Jate. Alat ini dipasang dengan target kepeting dan lobster sebagai hasil tangkapan utama. Focus Grup Discussion yaitu program yang mendiskusikan inovasi alat tangkap bubu dari PSP IPB Unversity serta pembuatan kelompok nelayan yang terorganisir.

Pada aspek lingkungan, tim melakukan aksi Coastal Cleanup yang didukung oleh warga desa jate yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap keberlanjutan ekosistem pesisisr dan Fisheries and Marine Exploration merupakan kegiatan mengumpulkan data tentang nelayan serta mengeksplorasi objek wisata di Pulau Gili Raja yang bekerjasama dengan Pemuda Giat Wisata (PGW) dalam mempromosikan potensi wisata dengan melakukan pengambilan titik kordinat Goa Penyatren, Pantai Beringin dan Rambu Suar Giliraja dengan menghasilkan peta wisata Pulau Gili Raja.

Program yang disusun merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan kebijakan pembangunan daerah, khususnya dikawasan timur.

Terimakasih

departemen : Publikasi, Branding dan Informasi

instagram : @himafarinipb

facebook : Himafarin IPB

id line : @mhz7261u

youtube : Himafarin PSP

https://himafarin.lk.ipb.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *